5 Film Sejarah Islam Fenomenal Sepanjang Masa

5 Film Sejarah Islam Fenomenal Sepanjang Masa

Berjayanya islam sampai saat ini tidak lepas dari para pejuang agama terdahulu yang sudah tidak diragukan lagi kekuatan, keimanan dan keikhlasan mereka dalam menegakan agama. Tidak hanya harta, nyawa pun mereka korbankan.

5 Film Sejarah Islam Fenomenal Sepanjang Masa

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk membaca kembali kisah-kisah dan sejarah islam. Pada era digital saat ini, kita dapat mempelajari islam tidak hanya dari buku, tetapi juga dari film-film yang dibuat menurut kisah nyata sejarah islam. Berikut ini merupakan 5 Film Sejarah Islam Fenomenal Sepanjang Masa.

5 Film Sejarah Islam Fenomenal Sepanjang Masa

1. The Message

Dirilis dengan 2 versi bahasa yakni arab dan inggris, film disutradarai oleh Maustapha Akkad mengisahkan tentang perjalanan dakwah baginda nabi Muhammad SAW bersama para pengikutnya berkorban memperjuangkan Agama Islam. Dimulai dari menerima wahyu ketika sedang berada di gua hira, hijrah, perang badar, perang uhud, hingga merebut kembali kota Mekkah yang dikuasai kaum Quraisy.

Beliau banyak sekali menemukan rintangan dalam melakukan usaha tersebut, bukan disukai tetapi pahit yang datang seperti cacian, hinaan, terror (diludahi bahkan lemparan batu dsb), siksaan sewenang-wenang ditujukan ke pengikut junjungan mulia Muhammad SAW. Padahal pengikut yang rela bergabung baru terhitung puluhan, seiring hari berganti marabahaya menjadi semakin menegangkan membuat Allah SWT menyuruh mereka layak berhijrah menuju madinah.

Sesudah singgah di kampung madinah, Muhammad SAW tidak hanya disambut semua lapisan masyarakat juga dibangunkan tempat ibadah dan rumah di sana kemudian panggilan azan akhirnya dikenalkan untuk umat. Nah, sejak peristiwa itu maka islam berkembang secara perlahan menggempur setiap hati manusia di bumi daratan mekkah dan madinah, mengubah gaya hidup jahiliyah yang dianut dan akhlak tercela bangsa jazirah arab yang gemar berfoya-foya.

Film The Message memerlukan jangka waktu 6 tahun menyiapkan, 1 tahun memproduksi. Inilah jenis film kolosal epic menghadirkan tokoh-tokoh penting paling ditunggu diantaranya: bilal bin rabbah, Zain bin haritsah, Hamzah, Abu talib, Abu sufyan, Abu lahab.

Kala sampai perintah langsung Allah SWT untuk Rasulallah SAW beranjak ke Mekkah Al Mukaromah sambil mengerjakan ibadah Haji dan ambil alih kuasa Ka’bah sebagai fungsi awal (Baitullah maksudnya rumah Allah). Patung berhala dibereskan dan dihanguskan sepenuhnya, sementara yang berbahan baku emas dizakatkan ke rakyat jelata.

2. Omar (Umar Bin Khattab)

Serial ini dipecah sebanyak 31 episode dikatakan termasuk film sarat inspirasi ditambah bisa membawa emosi jiwa penikmatnya turut merasakan kesedihan (mengharukan). Set adegan mengambil 2 negara: Maroko dan Suriah persis lingkungan kota Mekkah abad 7 silam.

Mencari tahu era kehidupan kekhalifahan islam ke 2 yang dipimpin sosok pemuda cerdas melampaui rata-rata, berhati keras melawan kalangan bakhil namun lembut lagi berkasih sayang terhadap orang lemah, sesama dan wanita terutama istrinya. Omar mempunyai gambaran karakter bermoral terpuji, pengayom rakyatnya, sederhana, penegak keadilan, taat kebenaran.
Kendati dibalut perang yang mendebarkan tersimpan pesan bermakna menggetarkan kalbu.

3. Fetih (Sang Penakluk Konstantinopel)

Dipanggil sultan mehmed II yaitu pemimpin kuat, terbiasa menerima didikan agama sehingga terwujud pribadi mengagumkan. Diutusnya fetih memang jawaban hak sabda Rasulallah SAW berbunyi konstantinopel hendak akan dibebaskan lewat tangan laki-laki. Sebaik-baiknya pemimpin ialah pemimpin pembebas kota dan sebaik tentara adalah tentaranya. (dikutip H.R Ahmad).

Sekitar 6 bahasa dikuasai ahli strategi pada bidang matematika, sains, tentu saja perang. Dibalik kekesatriannya, kesuksesan yang tercapai, ketekunan amal ibadah shalat malam menunjang segala cita-citanya.

4. Sang Pejuang Baitul Maqdis (Shalahudin Al Ayyubi)

Pahlawan ikonik terkemuka, teguh jaga pondasi keimanan. Berombongan kaum muslimin bendung pasukan salib takluk, Masjid Al-aqshpun dikuasai islam.

5. “Si Pedang Allah Yang Terhunus” Khalid Bin Walid

Panglima perang ternama ditakuti musuh di medan laga, tak heran julukan Pedang Allah Yang Terhunus melekat dalam dirinya. Ia anggota suku Banu makhzum cabang Quraisy, masih terhubung silsilah keluarga nabi terdekat.

Istri nabi yakni maimunah merupakan bibinya, lantas dengan umar sebagai saudara sepupu. Masa kanak-kanak, Khalid cukup menonjol perkembangannya hingga karirnya menanjak jadi pimpinan Quraisy yang waktu dahulu membenci islam.

Pada perang uhud, celah kekurangan pasukan muslim yang dirampas Khalid selepas dari bukit uhud perang berakhir ternyata hidayah turun dan ia berikrar syahadat masuk islam. Kegigihan Khalid tidak sia-sia, ia sukses memukul tentara romawi yang padahal jumlahnya tidak seimbang, tentara Byzantium 240 ribu dan islam sebatas 46 ribu.

Mungkin demikian beberapa tontonan sekaligus tuntunan menarik bagi anda beserta keluarga tercinta.