Manfaat Buah Nanas Untuk Sinusitis

Manfaat Buah Nanas Untuk Sinusitis

Manfaat Buah Nanas Untuk Sinusitis – Buah nanas ini selain di jadikan sebagai selai, ternyata ada berbagai manfaat lainnya yang dimiliki buah ini dalam menjaga kesehatan tubuh. Apakan anda mengetahui dari manfaat buah yang satu ini ?? Di negara eropa khususnya di bagian Amerika tengah dan selatan, buah nanas ini telah digunakan untuk pengobatan secara tradisional, seperti salah satunya untuk pengobatan medis yaitu penyakit sinusitis.

Manfaat Buah Nanas Untuk Sinusitis

Buah nanas ini dalam sitematika tumbuhan (takstonomi) masuk ke dalam golongan famili bromiliaceae. Di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, ada seorang peneliti ahli gizi yaitu “Laura Floares di San Diago” mengungkapkan Selain terdapat kandungan vitamin C, di dalam buah ini juga terdapat kandungan mangan yang cukup tinggi, kandungan antioksidan, thamin dan vitamin B yang berpengaruh besar dalam memproduksi energi tubuh.

Ada juga pengungkapan dari “The World’s Healthiest Food”, kandungan vitamin C pada buah nanas mencapai 105,1 % mencukupi kebutuhan per hari pada tubuh, sedangkan kandungan mangan 76,5% per hari. Kandungan vitamin C ini sebagai antioksidan yang cukup kuat serta berpengaruh terhadap pembangunan kolagen, sehingga dapat memberikan efek pada kulit terlihat lebih muda dan elastis, serta dapat menyembuhkan luka.

Hal yang paling menarik dari buah nanas ini ternyata pada batang buah nanas terdapat banyak mengandung enzim proteolitik bromelain yang berfungsi untuk membantu dalam memecah protein. Tidak hanya itu saja, buah nanas ini kaya akan kandungan tembaga serta kandungan vitamin lainnya seperti B1, B6, serat pangan, folat dan asam pantotenink.

Baca Juga : Informasi mengenai penyakit sinusitis

Banyaknya penelitian terhadap kandungan enzim bromelain dari nanas, bahwa kandungan ini dapat membantu dalam mengobati berbagai penyakit yang berbeda-beda. Adapun pendapat tentang kandungan bromelain ini dari “National Institu of Health” yaitu, Bromelain ini dapat membantu dalam pengobatan nyeri sendi, luka, dan peradangan. Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu mengatasi pembengkakan dari pasca operasi atau cedera serta dapat menurunkan demam.

Lalu Bagaimana Dengan Manfaat Buah Nanas Untuk Penyakit Sinusitis ?

Buah nanas ini sebelumnya telah digunakan dari berbagai kondisi sinus. Menurut komisi E Negara jerman yaitu panel ahli yang meneliti obat-obatan herbal di negera jerman, mereka sepakat menyetujui tentang kandungan bromelain (pada batang nanas), yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi terjadinya peradangan di hidung atau sinus setelah di lakukan operasi pada telinga, hidung atau tenggorokan.

Karena khasiat dari kandungan bromelain ini dapat mengurangi peradangan seperti halnya yang terjadi pada arthritis. Sehingga bisa disimpulkan dari kondisi tersebut, bahwa kandungan bromelain ini dapat membantu dalam mengurangi atau peradangan pada penyakit sinusitis.

Pada awal penelitian terhadap kandungan bromelain yang terdapat pada nanas, mungkin efektif dalam mengobati penyakit sinus. Hal itu telah dinyatakan dari “Otolaryngology – Head and Neck Surgery” pada tahun 2016, dari pernyataannya mereka memeriksa tiga penelitian dengan tujuan menguji kandungan bromelain sebagai pengobatan sinusitis, baik dari tingkat akut atau kronis.

Dan studi penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan bromelain dapat menjadi sebuah alternatif pengobatan tambahan yang efektif pada penyakit sinusitis. Menurut “University of Maryland Medical Center”, menyimpulkan bahwa kandungan bromelain ini sangat membantu untuk mengurangi batuk serta lendir di hidung yang berkaitan dengan kondisi sinusitis, selain itu dapat meringankan pembengkakan yang diakibatkan dari demam. Bahkan di kutip dari drugs.com, kandungan bromelain pada efek sampingnya lebih sedikit di bandingkan dengan obat-obatan kimia.

Itulah beberapa informasi yang mengenai manfaat buah nanas untuk sinusitis, semoga informasi artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga : Obat Sinusitis di Apotik