Informasi Operasi Endoskopi

Informasi Operasi Endoskopi,- Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki populasi ratusan juta penduduk. Dengan populasi sebanyak ini maka sudah pasti ada banyak orang yang menderita nyeri punggung. Berdasarkan data yang saya baca dari situs WHO, ada sekitar 5% orang di Indonesia yang mengeluh menderita nyeri punggung. Hanya sedikit, karena inilah yang tercatat, jika ditotalkan dengan yang belum tercatat maka bisa banyak lagi jumlahnya.

Informasi Operasi Endoskopi

Informasi Operasi Endoskopi

Pada kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai informasi operasi endoskopi. Operasi ini merupakan cara untuk mengatasi masalah nyeri punggung. Banyak orang yang meremehkan masalah nyeri punggung, padahal kalau sudah parah maka cara terakhir yang harus dilakukan adalah dengan operasi.

Apa Yang Menjadi Penyebab Seseorang Terkena Nyeri Punggung ?

Salah satu penyebab nyeri punggung adalah syaraf kejepit akibat HNP. Jadi HNP ini adalah Herniated Nucleus Pulposus yang merupakan bantalan sendi tulang belakang yang panjangnya dari leher sampai pantat menekan syaraf di sekitarnya.

Bagaimana Cara Menangani HNP ?

Untuk menangani HNP ada dua bagian. Yaitu untuk yang ringan dan yang parah. Untuk menangani HNP yang ringan maka biasanya hanya diperlukan melakukan beberapa terapi (fisioterapi), mengkonsumsi obat (Baca : obat syaraf kejepit), dan terapi intervensi nyeri. Nah, sedangkan untuk menangani masalah HNP yang parah maka diperlukan cara operasi.

Sekarang ini banyak orang yang menahan rasa sakit karena takut jika dilakukan operasi. Padahal operasi ini sangat berguna untuk menghilangkan masalah nyeri punggung akibat HNP. Supaya anda tidak takut melakukan operasi, maka sangat penting untuk anda mengetahui informasi operasi endoskopi, yaitu suatu proses operasi yang dikhususkan menangani masalah nyeri punggung karena HNP.

Operasi Endoskopi

Efek dari melakukan operasi endoskopi adalah dapat mengatasi keluhan nyeri pada pinggang dan juga seluruh bagian punggung. Nyeri punggung yang sakitnya menjalar sampai ke kaki juga bisa diatasi dengan operasi endoskopi.

Cara kerja atau prinsip operasi endoskopi adalah mengambil bantalan HNP yang menjepit syaraf sehingga syaraf tersebut bisa terbebas dari jepitan.

Ada 3 jenis operasi endoskopi. Pertama adalah interlaminar, kemudian posterolateral, dan yang ketiga adalah transforaminal. Teknik teransforaminal adalah teknik operasi endoskopi yang sering digunakan pada saat ini. Teknik ini adalah dengan melakukan bius lokal, kemudian dalam posisi tengkurap pasien akan dioperasi.

Lubang operasi yang dibuat hanya sekitar 0,5-0,8 sentimeter sehingga pada saat selesai melakukan operasi tidak dibutuhkan jahitan. Hal ini terjadi karena instrumen-instrumen bedah yang digunakan sangat kecil, yaitu berdiameter rata-rata 0,5 cm.

Untuk kasus HNP simpel pada satu titik lokasi, maka operasi endoskopi ini hanya berdurasi sekitar 30-45 menit. Tapi durasi operasi bisa bertambah jika ditemukan kasus multiple HNP. Seluruh pasien yang menjalani operasi endoskopi melakukan program One Day Care, yaitu pasien bisa langsung pulang setelah operasi dan tidak perlu menginap.

Melakukan tindak pemeriksaan radiologis sangat penting dilakukan. Oleh sebab itu, dokter bedah syaraf akan menganjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan lewat sinar X pada tulang belakang dan MRI Lumbosacral tanpa kontras.

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Operasi Endoskopi ?

Biaya yang akan anda keluarkan pada sekali melakukan operasi endoskopi adalah sekitar 30-60 juta dan itu tergantung dari kondisi pasien. Beberapa rumah sakit ada yang menerima layanan BPJS dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Prosedur pemeriksaan sebelum operasi sangat penting dilakukan supaya operasi aman dan lancar. Pemeriksaan ini dilakukan demi mengetahui apakah ada penyakit seperti kencing manis, darah tinggi, darah encer dan lain-lain pada pasien. Dengan diketahuinya kondisi medis pasien ketika mau operasi, maka dokter bisa memberikan terapi khusus jika memang diperlukan.

Demikianlah informasi operasi endoskopi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda yang mau melakukan operasi.

Silakan anda lihat informasi kesehatan lainnya disini : Kesehatan