6 Manfaat Kopi Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Berat

6 Manfaat Kopi Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Berat

6 Manfaat Kopi Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Berat

Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia terdapat berbagai jenis kopi yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah tersebut. Tak hanya terdiri dari banyaknya jenis, penikmat kopi pun meningkat dari waktu ke waktu. Kopi sendiri diperoleh dari biji tumbuhan kopi yang dikenal dengan nama ilmiah Coffea canephora Pierre. Ukuran biji kopi ini sangat kecil berwarna merah merata ketika memasuki masa panen.

Sebelum dikonsumsi, biji kopi tersebut membutuhakan beberapa proses sampai akhirnya bisa dinikmati. Kopi akan digiling terlebih dahulu dan dari hasil gilingan trsebut diperoleh bubuk kopi yang nantinya diolah kembali untuk menjadi minuman kopi yang lezat dan nikmat.

Bahkan sudah menjadi kebiasaan bahwa kopi ini sering dijadikan salah satu menu sarapan yang wajib ada sebelum melakukan aktivitas. Menyuguhkan cita rasa yang khas dan unik membuat kopi sering difavoritkan banyak orang.

Perlu diketahui selain lezat untuk dikonsumsi, ternyata kopi ini memiliki dampak baik bagi kesehatan. Dikarenakan dalam kopi ini terdapat magnesium, mangan, kalium, asam pantotenat, niacin dan riboflavin. Maka dari itu tidak heran mengapa kopi dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Adapun manfaat-manfaat tersebut diantaranya:

  • Menurunkan resiko terkena diabetes

Dengan mengonsumsi kopi bagi penderita diabetes dipercaya dapat menurunkan penyerapan gula dalam tubuh. Adanya zat asam klorogenat dapat membantu fungsi kerja dalam pembentukan insulin. Dengan manfaat tersebut telah dibuktikan dengan penelitian para ahli yang menyatakan bahwa diabetes yang diderita dapat diturunkan sebanyak 50% dengan mengonsumsi kopi.

  • Mencegah terjadinya kanker

Didalam kopi dapat kita temukan antioksidan yang sangat baik dalam mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker. Dari penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi kopi sebanyak 2 kali sehari resiko terjadinya kanker pada usus besar akan menurun setidaknya 25%.

  • Menekan terjadinya Azheimer dan Demensia

Kandungan dan manfaat kopi untuk alzheimer dan demensia telah terbukti dengan adanya hubungan antara manfaat kopi dan khasiatnya yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap sejumlah penyakit yang berkaitan dengan degradasi fungsi saraf. Dimana penyakit alzheimer ini sering menyerang seseorang yang telah melewati usia 65 tahun.

  • Mencegah parkinson

Tidak hanya alzheimer, penyakit parkinson adalah salah satu penyakit yang ada hubungannnya dengan degradasi fungsi saraf. Apabila mengonsumsi kopi secra rutin maka dipercaya katahanan tubuh terhadap penyakit parkinson akan meningkat.

  • Mengatasi encok

Pada tahun 2007 dilakukan penelitian pada seseorang yang berumur 40 tahun yang mengemukakan bahwa dengan meminum kopi dalam jangkan waktu yang lama dapat menurunkan resiko terkena encok. Adapun encok sendiri disebabkan oleh adanya peradangan dan meningkatnya kadar asam urat. Selain itu, ada penelitian lainnya yang melibatkan 50.000 pria yang mengalami penurunan resiko terkena encok setelah mengonsumsi kopi.

  • Mampu mengatasi batu empedu

Mengonsumsi setidaknya 3-4 gelas per hari dapat menurunkan resiko terkena batu empedu. Khasiat ini dibuktikan dengan penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan oleh Harvard. Faktanya batu empedu dapat dicegah sebanuak 20% dengan mengonsumsi kopi yang tidak dicampur cream ataupun gula.

Selain dimanfaatkan untuk kesehatan, kebaikan kopi juga berkhasiat dalam menjaga kecantikan terutama bagi kaum wanita. Salah satunya dengan menggunakan kopi sebagai metode untuk merawat kecantikan kulit.

Kopi ini sering dibuat menjadi masker yang berasal dari bubuk kopi diman manfaatnya dapat mengatasi jerawat, penuaan dini dan gangguan kulit lainnya. Masker ini bisa dibuat dengan mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun secukupnya.

Itulah sederet khasiat dan manfaat kopi bagi kesehatan, karena kopi sudah banyak dijualĀ  dipasaran jadi sangat mudah untuk mendapatkannya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi kopi karena sudah terbukti bahwa kopi memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.